Install Fedora-12?

Instal Fedora-12 ke Windows? Emangnya bisa? Ya bisa lah ya, dengan bantuan Virtual Box. Caranya?

Run Virtual Box dulu, baru bikin virtual harddisk. Klik new di Virtual box, trus muncul kan layar kayak gini.

Yah trus buatlah tuh Virtual Harddisk.

Kali pada kasus ini, set aja Dynamically Expanding dengan max 6 GB (untuk jaga-jaga).

Kalau sudah, nanti gambar Virtual Box akan seperti di bawah ini:Udah kan? Sekarang install Fedora-12 yang bentuknya iso. Caranya, ikut step-by step di bawah:

Set network jadi NAT, Intel PRO/1000. itu supaya bisa internet make koneksi Windows. Kalau sudah, sekarang masuk ke bagian terpenting, yakni install Fedora dari installer iso-nya. Caranya adalah dengan mount dulu Fedora-16.iso ke IDE Controller di Tab Storage. Ini berguna untuk booting pertama kali.

Pilih install, trus set bahasa ke English, US Keyboard, Set nama computer, set jam ke Asia/Jakarta, dan set SU password.

Kalau sudah, set partisi di virtual harddisk menjadi use entire drive, jadi maksimal pengunaan memory yang diperbolehkan untuk Fedora adalah maksimal 6 GB.

Lalu, set kegunaan umum dari Fedora ini sesuai kebutuhan. Ada 3 pilihan, yakni Office & Productivity, Software Development, dan Web Server. Ketiga pilihan ini secara langsung akan mempengaruhi package mana saja yang akan diinstal secara otomatis. Untuk yang satu ini, pilih saja Web Server. Pilih customize now agar package bisa diatur secara langsung.

Nah, sekarang masuk ke bagian yang lumayan repot, yakni memilih package mana yang akan diinstall. Langsung aja pilih Server, trus pilih Mail Server, MySQL, Network Server, Print Server, Web Server dan Server Configuration. Trus klik next, maka instalasi akan dimulai, silakan menunggu (lama lho).

Tada…saat instalasi selesai, force power off machine dan unmount Fedora ISO dari IDE Controller di Machine Settings. Baru reboot machine. Setelah Rebooting, maka akan keluar tampilan sebagai berikut, yang berisi setting user account non SU(Super User), set date and time.

Setelah semua setting tadi, Fedora akan melakukan auto-reboot sehingga muncul layar log-in seperti berikut. Hal ini menandakan bahwa instalasi Fedora sudah selesai dilakukan.

Display Log-In Fedora

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s